Senin, 30 Oktober 2017
Senin, 25 September 2017
PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA KLS 9 KTSP TAPEL 2017-2018
Perangkat pembelajaran merupakan hal yang harus disiapkan guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Perangkat adalah alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan orang belajar. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, maupun di luar kelas. Berikut ini saya lampirkan perangkat pembelajaran untuk guru kelas 9 kurikulum KTSP 2006. Ini hanya sebagai panduan untuk membantu guru. Kebijakan dalam pembuatan perangkat pembelajaran tetap di serahkan oleh guru masing-masing dengan menyesuaikan kalpendik, intake, daya dukung dan sarana prasarana masing-masing sekolah.
PROTA kls 9 KTSP (dwonload disini)
Silabus KTSP (dwonload disini)
Minggu efektif (dwonload disini)
PROMES kls 9 (dwonload disini)
KKM Sem 1 Kls 9 (dwonload disini)
KKM Sem 2 Kls 9 (dwonload disini)
Pemetaan SK KD sem 1 kls 9 (dwonload disini)
Pemetaan SK KD sem 2 kls 9 (dwonload disini)
Contoh RPP Bab 1. Kesebangunan KD. 1 (dwonload disini)
PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 7 K13 TAHUN PELAJARAN 2017-2018

Perangkat pembelajaran merupakan hal yang harus disiapkan guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Perangkat adalah alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan orang belajar. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, maupun di luar kelas. Berikut ini saya lampirkan perangkat pembelajaran untuk guru kelas 7 kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Ini hanya sebagai panduan untuk membantu guru. Kebijakan dalam pembuatan perangkat pembelajaran tetap di serahkan oleh guru masing-masing dengan menyesuaikan kalpendik, intake, daya dukung dan sarana prasarana masing-masing sekolah.
PROTA kls 7 (dwonload disini)
Silabus K13 sem 1 kls 7 (dwonload disini)
Minggu efektif (dwonload disini)
PROMES kls 7 (dwonload disini)
KKM sem 1 Kls 7 (dwonload disini)
Pemetaan SK KD sem 1 kls 7 (dwonload disini)
Contoh RPP Bab 1. Bilangan KD. 3.1. KD. 4.1 (dwonload disini)
Panduan KI & KD K13 Kemendikbud (dwonload disini)
Panduan Silabus K13 th 2017 Kemendikbud (dwonload disini)
Buku Guru Kls 7 K13 edisi revisi 2017 (dwonload disini)
Buku Siswa Kls 7 K13 edisi revisi 2017 (dwonload disini)
erangkat pembelajaran merupukan hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran.
Source: http://www.eurekapendidikan.com/2015/02/definisi-perangkat-pembelajaran.html
Disalin dan Dipublikasikan melalui Eureka Pendidikan
Source: http://www.eurekapendidikan.com/2015/02/definisi-perangkat-pembelajaran.html
Disalin dan Dipublikasikan melalui Eureka Pendidikan
Perangkat pembelajaran
merupukan hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan
pembelajaran. Dalam KBBI (2007: 17), perangkat adalah alat atau
perlengkapan, sedangkan pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan
orang belajar. Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran
adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang
memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran.
Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan
pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar k
Source: http://www.eurekapendidikan.com/2015/02/definisi-perangkat-pembelajaran.html
Disalin dan Dipublikasikan melalui Eureka Pendidikan
Source: http://www.eurekapendidikan.com/2015/02/definisi-perangkat-pembelajaran.html
Disalin dan Dipublikasikan melalui Eureka Pendidikan
Perangkat pembelajaran
merupukan hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan
pembelajaran. Dalam KBBI (2007: 17), perangkat adalah alat atau
perlengkapan, sedangkan pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan
orang belajar. Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran
adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang
memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran.
Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan
pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas.
Source: http://www.eurekapendidikan.com/2015/02/definisi-perangkat-pembelajaran.html
Disalin dan Dipublikasikan melalui Eureka Pendidikan
Source: http://www.eurekapendidikan.com/2015/02/definisi-perangkat-pembelajaran.html
Disalin dan Dipublikasikan melalui Eureka Pendidikan
Sabtu, 16 September 2017
KISI-KISI USBN DAN UN SMP, SMA/SMK, SMALB/SMPLB, PAKET A/B TAPEL 2017-2018
- Surat Edaran Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0080/SDAR/BSNP/VIII/2017 tentang Kisi-Kisi USBN dan UN Tahun Pelajaran 2017/2018 (dwonload disini)
- Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SMP, SMA/SMK, SMALB/SMPLB, PAKET A/B TP 2017/2018 (dwonload disini)
- Kisi-Kisi Ujian Nasional (UN) SMP,SMA/SMK, SMALB/SMPLB, PAKET A/B TP 2017/2018 (dwonload disini)
KISI-KISI USBN SMP
1. Kisi-kisi IPS SMP 2006 (dwonload disini)
2. Kisi-kisi IPS SMP 2013 (dwonload disini)
3. Kisi-kisi PKn SMP 2013 (dwonload disini)
4. Kisi-kisi Pkn SMP 2006 (dwonload disini)
KISI-KISI UN SMP (B.Indonesia, B.Inggris, Matematika, IPA ) (dwonload disini)
Jumat, 08 September 2017
Guru... Ajukanlah pertanyaan-pertanyaan yang Efektif !
Dalam
kegaiatan proses pembelajaran yang sangat diharapkan dari seorang guru
adalah siswa-siswa yang aktif, sehingga kelas yang kita ajar menjadi
kondusif. Tentu hal ini adalah idaman dari semua guru, sangat
menyenangkan dan membanggakan jika saat kita masuk kelas, siswa berkata
“Asyik,, hari ini pelajaran matematika yah, okey.. siap bu !”. Hal ini
dapat terwujud jika seseorang guru memiliki kemampuan yang baik dalam
mengelola kelas, kemampuan memilih metode, media pembelajaran, dan juga
kemampuan untuk membuat siswa mau berpikir kreatif dan kritis.
Membuat
siswa mau berpikir tentu dapat membuat siswa aktif, fokus dan
termotivasi dalam belajar matematika di kelas. Kemampuan berpikir
kreatif dan kritis akan sangat bermanfaat ketika seseorang dihadapkan
pada suatu persoalan yang rumit. Kebiasaan berpikir kritis akan
menjadikan seseorang sebagai problem solver, agar siswa dapat mau
berpikir kreatif dan kritis maka salah satunya adalah guru ajukanlah pertanyaan – pertanyaan yang efektif.
Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan guru tidak semua bisa menjadi pertanyaan
yang efektif. Pertanyaan yang efektif memiliki beberapa karakteristik
sebagai berikut :
1.Menuntut siswa berpikir, tidak sekedar mengingat dan menyebutkan.
Pertanyaan
yang menggunakan kata apa, dimana, sebutkan, mana kurang efektif untuk
dijadikan sebagai pertanyaan, karena siswa biasanya hanya diminta untuk
mengingat atau menyebutkan tanpa perlu berpikir yang lebih tinggi,
seperti :
Diantara himpunan-himpunan berikut ini coba sebutkan mana yang merupakan himpunan kosong dan mana yang bukan.
a.Himpunan mata pelajaran yang diajarkan dikelas VII SMP
b.Himpunan manusia yang pernah mendarat di matahari
c.Himpunan ayam yang berkembang biak dengan beranak
Lebih
baik pertanyaan di atas di ubah dengan menggunakan kata tanya agar
menjadi lebih efektif, contohnya untuk pertanyaan yang a :
Menurut kalian apakah himpunan mata pelajaran yang diajarkan di kelas VII SMP merupakan himpunan kosong atau bukan ? mengapa ?.
Pertanyaan
ini menuntut siswa untuk mengidentifikasi himpunan mata pelajaran yang
diajarkan di kelas VII SMP merupakan himpunan kosong atau bukan.
Pertanyaan ini akan lebih menumbuhkan sikap berpikir kritis siswa
sehingga siswa tidak hanya menyebutkan.
2.Bersifat atau mengarah pada pertanyaan yang open-ended.
Pertanyaan
yang bersifat tertutup membuat siswa mudah menebak jawaban dari suatu
soal sehinggan soal menjadi kurang menantang bagi siswa, maka lebih
efektif buatlah pertanyaan yang bersifat open ended, Pendekatan
open ended adalah pendekatan pembelajaran yang menyajikan suatu
permasalahan yang memiliki metode atau penyelesaian yang benar lebih
dari satu. Sehingga jika kita membuat pertanyaan yang bersifat
open-ended dapat memberi kesempatan kepada siswa untuk memperoleh
pengetahuan/ pengalaman menemukan, mengenali, dan memecahkan masalah
dengan beberapa teknik sehingga siswa diharapkan dapat mengembangkan ide-ide
kreatif dan pola pikir matematis. Dengan diberikan masalah yang
bersifat terbuka, siswa terlatih untuk melakukan investigasi berbagai
strategi dalam menyelesaikan masalah. Selain itu siswa akan memahami
bahwa proses penyelesaian suatu masalah sama pentingnya dengan hasil
akhir yang diperoleh.
Contoh yang sederhana pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP :
Gunakan maksimal 4 bilangan berikut : - 3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10 yang jika kalian jumlahkan mendapatkan hasil 10.
Pertanyaan di atas memiliki jawaban yang beragam karena banyak memiliki penyelesaian untuk menghasilkan jawaban bernilai 10.
Seperti :
0 + 10 = 10
2 + 8 = 10
4 + 6 = 10
1 + 9 = 10
-1 + 4 + 7 = 10
- 3 + 3 + 10 = 10
-1 + 0 + 3 + 8 = 10
Dan seterusnya.
Pertanyaan di atas lebih menarik dan membuat siswa lebih berpikir, dibandingkan kita hanya sekedar membuat soal seperti :
Hasil dari 1 + 9 adalah . . .
3.Memungkinkan jawaban yang beragam
Membuat
pertanyaan dengan jawaban yang beragam memungkinkan seluruh siswa
dengan kemampuan dan potensi yang berbeda-beda dapat “beraksi”
memberikan jawaban dengan caranya masing-masing. Untuk itulah diperlukan
pertanyaan yang bersifat open ended, sehingga siswa yang kurang dalam
materi tersebut dapat memberikan jawaban dengan cara yang lebih
sederhana.
4.Memungkinkan siswa memaknai matematika dari proses menjawab pertanyaan tersebut.
Proses
menjawab soal sama pentingnya dengan hasil jawaban dari suatu
pertanyaan. Dengan adanya proses siswa mengalami suatu pengalaman dalam
mencari kebenaran dari suatu jawaban.Proses dalam menjawab, seperti
proses memahami pertanyaan, proses memilih data, proses memilih
strategi, proses menghitung, proses membuat narasi dan argumentasi,
hingga proses review dan refleksi. Dengan melakukan proses-proses
tersebut siswa belajar memaknai pentingnya matematika bagi diri mereka,
siswa memaknai kegunaan matematika, hingga siswa memaknai sifat dasar
matematika.
5.Memungkinkan guru menilai secara holistik kemampuan matematika siswa.
Pertanyaan
yang efektif adalah pertanyaan yang memungkinkan seluruh kompetensi
matematis dapat dievaluasi, tidak saja kemampuan mengingat, tetapi juga
aspek komunikasi, keterampilan memecahkan masalah, aspek
afektif-matematis (terampil, tekun, teliti/cermat, kreatif), seperti
kita ketahui dalam kurikulum 2013 bukan saja aspek pengetahuan yang di
nilai tetapi juga aspek sikap dan keterampilan siswa.
CARA MUDAH MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN
Software termudah dalam membuat video pembelajaran menurut saya adalah memakai software screencast O matic, banyak kelebihan yang bagus dalam menggunakan software ini. Salah satu kelebihan dari menggunakan screencast O Matic adalah sangat praktis. Kita dapat menggunakan Screencast-o-matic versi offline. Dengan cara ini maka meskipun komputer tidak terkoneksi internet aplikasi ini masih dapat dijalankan. File installer dapat diunduh melalui http://www.screencast-o-matic.com/download Tentu saja terlebih dahulu kita harus membuat bahan yang akan direkam, pada tugas ini saya menggunakan Microsoft Power Point. Sangat bermanfaat bagi para guru - guru dalam membantu membuat media pembelajaran sendiri.
Kamis, 07 September 2017
MENGENAL GEOGEBRA
Geogebra...
Waktu jaman hebohnya geogebra,,mencoba mengoprek-oprek aplikasi ini,
hasilnya bisa dibilang mudah tapi sulit,, 😛 sulit tapi mudah 😰, yang
pasti jam terbang penggunaan aplikasi sangat menentukan keahlian kita
dalam menggunakannya. Mungkin untuk siswa-siswa SMP agak sulit untuk
diterapkan, lebih cocok untuk siswa-siswa SMA/SMK.
Nama GeoGebra merupakan
kependekan dari geometry (geometri) dan algebra (aljabar). Meski dari
sisi nama hanya merujuk geometri dan aljabar aplikasi ini tidak hanya
mendukung untuk kedua topik tersebut, tapi juga mendukung banyak topik
matematika diluar keduanya. GeoGebra pertama kali dikembangkan oleh
Markus Hohenwarter dari Austria dan dirilis sebagai perangkat lunak
opensource sehingga dapat dimanfaatkan secara gratis dan bebas untuk
dikembangkan.
Beberapa kelebihan dari aplikasi GeoGebra adalah: 1. Mudah
digunakan 2. Fitur yang cukup lengkap untuk pembelajaran matematika 3.
Mendukung platform web 4. Mendukung beragam sistem operasi 5. Tersedia
dalam berbagai bahasa 6. Gratis Terlebih dahulu sebelum mendwonload
Geogebra, Java JRE sudah harus diinstal. JRE dapat didownload dari situs
http://java.com. , langkah selanjutanya adalah menginstal aplikasimGeoGebra. Installer aplikasi GeoGebra tersedia di situs http://www.geogebra.org/.
Installer GeoGebra juga tersedia dalam beberapa platform berbeda. Pilih
installer yang sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan. Setelah
installer selesai didownload kemudian jalankan instalasi dan ikuti
langkah instalasi sampai sampai selesai. Setelah sukses installnya baru
kita bisa menggunakan software tersebut
Contoh video yang berhasil dipraktekan pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).
Langganan:
Postingan (Atom)